Kamis, 02 Juli 2009

KOMPASINA 18 : Keprihatinan Kita Terhadap kasus HIV/AIDS

HIV/AIDS kini ada di tengah-tengah kita, seperti BOM waktu yang siap MELEDAK!!!

HIV dan AIDS sudah menular ke banyak orang di Indonesia.

Sudah saatnya kita untuk menjaga diri, keluarga dan mereka yang kita cintai dari penularan HIV/AIDS. *Angka estimasi nasional tahun 2006 sebesar 193.000 ODHA.*Dari 14.000 infeksi baru yang terjadi setiap hari, 60 % terjadi pada perempuan. *Kasus AIDS di Indonesia sampai september 2008 dari 15.131, 25% terjadi pada perempuan.

Apakah HIV/AIDS itu? HIV adalah virus penyebab AIDS. Bila kita tertular HIV, maka daya tahan tubuh dapat menurun sehingga mudah terkena berbagai penyakit dan mengganggu kualitas hidup.

AIDS adalah kumpulan dari beberapa gejala penyakit akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh yang di sebabkan oleh HIV. AIDS dapat menyebabkan kematian.

Siapa pun berisiko tertular HIV jika: Doyan berganti-ganti pasangan seks tanpa memakai kondom. Berhubungan seks dengan orang yang sudah terinfeksi HIV tanpa kondom. Menggunakan jarum suntik secara bergantian.

HIV dapat juga di tularkan dari ibu yang terinfeksi HIV kepada bayinya melalui proses persalinan dan saat menyusui.

HIV tidak dapat menular melalui: *sentuhan *Pelukan *Berciuman *berenang bersama *Berbagi makanan atau menggunakan alat makan bersama *Terpapar batuk/bersin *Memakai toilet bergantian *Gigitan nyamuk atau serangga lain

Cegahlah Penularan HIV dengan cara: *Melakukan hubungan seks aman dengan memakai kondom *Mengurangi jumlah pasangan seks *Bersikaplah saling setia pada pasangan anda *Hindarilah penggunaaan jarum suntik secara bergantian

Bagaimana kita tahu sudah tertular HIV?

*lakukan tes HIV di klinik/rumah sakit *Bila menyadari perilaku kita berisiko segera tes HIV *Tes HIV adalah tindakan yang bertanggung jawab,bijaksana dan tepat *Orang HIV positip tidak bisa di lihat dari penampilan fisiknya *Ajakalah pasangan anda untuk melakukan tes HIV juga

VIRUS HIV belum dapat di taklukan!!!

Namun kita akan mampu hidup normal dengan minum obat ARV (Anti Retro Viral) : *Untuk memperpanjang usia hidup, orang dengan AIDS harus minum obat ARV. *Kalau sudah memulai obat ini harus di teruskan secara rutin pada jam tertentu, setiap hari dan seumur hidup. *Carilah informasi lebih jelas tentang hal ini ke tempat layanan kesehatan terdekat.

Orang dengan HIV/AIDS sangat memerlukan uluran kasih sayang kita, berupa dukungan, dampingan dan perawatan. Maka dari itu, kita tidak perlu mengucilkan (mendiskriminasi) dan menyalahkan (menstigmatisasi) saudara kita yang telah terinfeksi HIV/AIDS.

CARA JITU MENCEGAH PENULARAN HIV:

A : Anda tidak melakukan seks, hindari penyebabnya

B : Bersikap saling setia dengan pasangan anda

C : Cegah dengan memakai Kondom

STOP : Jangan menggunakan narkoba suntik (Jarum suntik bergantian)

Hindari semua jenis narkoba, jangan sering “JAJAN”/ jual-beli seks.

Hindari zina, enaknya sebentar, sakitnya seumur hidup.

Public Blog Kompasiana» Blog Archive » Keprihatinan Kita Terhadap ...

Keprihatinan Kita Terhadap Kasus HIV/AIDS; Oleh RACHMAD YULIADI NASIR - 11 Augustus 2009 - Dibaca 202 Kali -. HIV/AIDS kini ada di tengah-tengah kita, ...
public.kompasiana.com/2009/08/.../keprihatinan-kita-terhadap-kasus-hivaids/