Jumat, 03 Juli 2009

kompasiana 39: Nasib Partai Bulan Bintang Tergantung Munas

Nasib Partai Bulan Bintang Tergantung Munas
Oleh RACHMAD YULIADI NASIR - 12 Oktober 2009 - Dibaca 582 Kali -

Banyak partai politik (Parpol) yang kalah pada pemilu legislatif 2009 yang lalu, salah satunya adalah PBB; singkatan dari PBB yang di maksud adalah Partai Bulan Bintang bukan Perserikatan Bangsa-Bangsa apalagi Persatuan Baris Berbaris.

Nasib jelek menimpa partai ini, karena tidak memenuhi syarat 2 % perolehan suara/kursi secara nasional dari seluruh provinsi se-Indonesia, dari sabang sampai Meuroke, partai ini hanya berjaya di provinsi Bangka Belitung. Pada Pemilu tahun 1999 PBB berjaya dengan 13 kursi, selanjutnya di tahun 2004 turun menjadi 11 kursi, akhirnya di tahun 2009 ini menjadi nol kursi, karir partai ini jelas terlihat keluar dari gedung senayan sejak pelantikan anggota DPR/MPR yang baru periode 2009-2014 sejak tanggal 1 Oktober 2009.

Sehubungan dengan nasib PBB kedepan, selama dua hari, partai ini mengadakan seminar dengan thema ” Revitalisasi Partai Bulan Bintang Untuk Kemaslatan Umat” di Hotel Sahid Jaya Jakarta, 10-11 Oktober 2009.

Pada kesempatan itu ketua Umum Partai Bulan Bintang, MS.Kaban yang juga Menteri Kehutanan RI mengatakan “Nasib partai ini akan di tentukan pada Munas PBB April 2010 nanti, bergabung dengan partai lain atau di bubarkan serta tetap lanjut terus”.

Acara ini juga di hadiri oleh Yusril Ihza Mahendra, Calon Presiden dari Partai Bulan Bintang, beliau mengharapkan partai ini terus berjalan menunggu pemilu 2014. Walaupun tidak lolos Parliamentary Threshold (PT) atau terkenal dengan ambang batas perolehan suara, sesungguhnya partai ini tetap bisa mengikuti pemilu 2014 nantinya sesuai UU pemilu yang berlaku.

Penyebab utama Partai Bulan Bintang tidak lolos pada pemilu 2009 adalah: figur caleg PBB tidak dikenal (kurang populer), pengurus/fungsionaris PBB kurang dekat/dikenal rakyat, figur pemimpin partai lemah, PBB kurang/jarang di liput oleh media massa, infrastruktur/jaringan partai lemah serta kiprah pimpinan/pengurus partai yang amburadul/banyak masalah.

Tags: amburadul, bangka belitung, caleg, DPR, fungsionaris, ketua umum, legislatif, M.S Kaban, media massa, menteri, MPR, Munas, parliamentary threshold, parpol, Partai Politik, PBB, pemilu, pimpinan, sabang, sahid jaya, Senayan, UU pemilu, yusril ihza mahendra

Public Blog Kompasiana» Blog Archive » Nasib Partai Bulan Bintang ...

Nasib Partai Bulan Bintang Tergantung Munas; Oleh RACHMAD YULIADI NASIR - 12 Oktober 2009 - Dibaca 62 Kali -. Banyak partai politik (Parpol) yang kalah pada ...
public.kompasiana.com/.../nasib-partai-bulan-bintang-tergantung-munas/