Kamis, 02 Juli 2009

KOMPASINA 13 : Penghinaan terhadap Lagu Padamu Negeri

Penghinaan terhadap Lagu Padamu Negeri
Oleh RACHMAD YULIADI NASIR - 5 Juni 2009 - Dibaca 718 Kali -

Para wartawan protes tapi tidak digubris saat lagu Padamu Negeri di lantunkan salah oleh GARIS (Gerakan Indonesia Sejahtera), ketika Deklarasi mendukung pasangan pilpres, capres dan cawapres Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto (MEGAPRO) untuk menjadi presiden dan wakil presiden, di Gedung Juang, Jakarta, kamis (4/6).

Acara Deklarasi yang semula di jadwalkan mulai jam 14:00 wib akhirnya molor (mundur) menjadi jam 15:00 wib.

Deklarasi di awali dengan lantunan lagu Indonesia Raya, hadirin berdiri, lalu di suruh duduk, mengheningkan cipta oleh jack.r.sidabutar, hadirin berdiri, lalu di suruh duduk, kemudian lantunan lagu Padamu Negeri, hadirin berdiri, wartawan di sebelah berkata “Berdiri, duduk, tiga kali, bukan sekalian saja berdiri dari lagu Indonesia Raya hingga lagu Padamu Negeri, baru kemudian duduk”.

Lagu kedua yang di pandu oleh panitia, Padamu Negeri, terjadi kesalahan di bait terakhir, “Padamu Negeri jiwa raga kami, dua kali salah, seharusnya Bagimu Negeri jiwa raga kami”. wartawan yang duduk di belakang teriak ” hu…hu…hu… salah-salah”. Tetapi hadirin di depan tetap saja melantunkan begitu, termasuk tim sukses MEGAPRO, Maruarar Sirait serta tiga orang tim kampanye nasional pasangan Mega-Prabowo.

Dari susunan acara terlihat teks salah ketik, lagu Padamu Negeri, di sebelahnya ciptaan, kosong, seharusnya oleh KUSBINI. Lagu Indonesia Raya, bait terakhir salah ketik “Huduplah Indonesia Raya, seharusnya Hiduplah Indonesia Raya”.

Untung saja hadirin tidak melantunkan huduplah, tetapi hiduplah. Di akhir acara panitia mengatakan dukung No. 1 (Mega-Prabowo), lupakan No.2 (SBY-Boediono), No. 3 (JK-Wiranto) terserah.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Public Blog Kompasiana» Blog Archive » Penghinaan terhadap Lagu ...

Penghinaan terhadap Lagu Padamu Negeri; Oleh RACHMAD YULIADI NASIR - 5 Juni .... RACHMAD YULIADI NASIR… Kalau teman-teman wartawan protes hanya karena lagu ...
public.kompasiana.com/2009/.../penghinaan-terhadap-lagu-padamu-negeri/