Jumat, 03 Juli 2009

kompasiana 38: Gardu PLN Rusak, Negara Rugi Rp 500 Miliar

Gardu PLN Rusak, Negara Rugi 500 Miliar
Oleh RACHMAD YULIADI NASIR - 12 Oktober 2009 - Dibaca 269 Kali -

Seperti kita maklumi bersama, beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 29 Oktober 2009, gardu listrik PLN di cawang-jakarta timur, meledak dan hangus terbakar, kini rusak berat pada gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) cawang baru. Dua hari sebelumnya juga kejadian pada flash over Inter bas travo (IBT) I Kembangan, jakarta barat yang mengubah tegangan 500 kV ke 150 kV terbakar hebat.

Dampaknya jelas adanya pemadaman secara bergilir, yang rencananya hingga bulan desember nantinya. Negara jelas-jelas rugi besar akibat kejadian ini, dan di taksir sebesar RP 500 Miliar kerugian di tanggung oleh PLN (Perusahaan Listrik Negara).

Rakyat kebanyakan ada 200.000 pelanggan yang menerima dampak gangguan ini, pasokan listrik terhambat, bisnis terganggu dan PLN sendiri berjanji akan memberi potongan 10 % dari biaya beban.

Saat ini terjadi pengurangan pasokan listrik sebesar 500 MW dan berakibat terganggunya subsistem di wilayah : cawang baru, cipinang, pulomas, gambir, manggarai, durentiga, mampang, abadi guna papan, danayasa, karet lama dan taman rasuna.
Kebutuhan listrik untuk wilayah jakarta dan tanggerang dan sekitarnya adalah 5.200 megawatt pada siang hari dan 4.600 megawatt pada malam hari. Pemerintah harus segera memperbaiki jaringan yang rusak ini agar tidak merugikan masyarakat luas akan kebutuhan listrik mereka. Di wilayahyang terkena pemadaman banyak orang yang tidak bisa melakukan aktivitas dengan sempurna seperti internet,nonton televisi, memasak dengan kompor listrik mencuci dengan mesin cuci dll.

Tags: Cawang, gardu, jakarta, listrik, masyarakat, meledak, negara, pasokan, pemadaman, Pemerintah, perusahaan listrik negara, PLN, Rakyat, rugi, rusak, tanggerang, terbakar

Public Blog Kompasiana» Blog Archive » Gardu PLN Rusak, Negara ...

12 Okt 2009 ... Gardu PLN Rusak, Negara Rugi 500 Miliar; Oleh RACHMAD YULIADI NASIR - 12 Oktober ... RACHMAD YULIADI NASIR,; — 12 Oktober 2009 jam 1:01 pm ...
public.kompasiana.com/2009/10/.../gardu-pln-rusak-negara-rugi-500-miliar/