Kamis, 02 Juli 2009

KOMPASINA 16 : Berhenti Merokok Sekarang Juga

Berhenti Merokok Sekarang Juga
Oleh RACHMAD YULIADI NASIR - 3 Juli 2009 - Dibaca 366 Kali -

Mengapa Anda harus Berhenti Merokok

Demi kesehatan anda sendiri, supaya terhindar dari berbagai penyakit, meningkatkan derajat kesehatan, hidup yang lebih berkualitas dan terbebas dari segala ketergantungan akibat rokok.

Melindungi anak, istri/suami dan orang si sekitar supaya tidak terkena akibat buruk dari asap rokok, karena asap rokok anda memiliki kandungan racun yang lebih tinggi sehingga penghirup asap ini lebih berisiko untuk mengalami gangguan kesehatan akibat rokok.

Fakta Tentang Rokok
Saat ini rokok telah membunuh 4,9 juta orang di dunia tahun 2000 dan di perkirakan menjadi 9,8 juta pada tahun 2020 nanti, artinya orang yang mati akibat rokok di dunia adalah 350.000/bulan, 11.666/hari, 486/jam, dan 8 orang tiap menitnya. Rokok juga membunuh lebih banyak daripada AIDS, narkoba, kecelakaan, pembunuhan dan bunuh diri.
Perokok di Indonesia saat ini sebesar 62.800.000 juta jiwa terdiri dari 69.04 persen pria dan 4,83 persen wanita.

Menghemat Uang Anda
Anda tidak lagi harus menyisihkan uang untuk membeli rokok, misalnya dalam 1 hari uang membeli rokok sebanyak Rp.10.000, maka 1 minggu menjadi Rp.70.000; 1 bulan Rp.300.000; 1 tahun Rp.3.600.000; 5 tahun Rp.18.000.000; 20 tahun Rp.72.000.000;

AYO BERHENTI MEROKOK SEKARANG JUGA !!!

Berhenti merokok hanya bisa di lakukan dengan niat dari dalam diri perokok sendiri.

Tips Berhenti Merokok:
1.Mulailah dengan niat yang kuat untuk berhenti merokok.
2.Buat catatan harian tentang keburukan merokok.
3.Jauhkan diri dari segala hal yang memunculkan keinginan untuk merokok.
4.Minum atau makan buah, permen atau makanan kecil apabila timbul keinginan untuk merokok.
5.Sibukkan diri dengan aktivitas, olahraga atau hobi anda.
6.Mintalah dukungan orang terdekat dan apabila di perlukan bantuan dokter untuk membantu anda berhenti merokok.

Menurut data yang ada dari 70 persen orang yang berhenti merokok, hanya 5-10 persen yang dapat melakukannya tanpa bantuan, keberhasilan sulit tercapai jika tidak ada keinginan yang kuat, dukungan dari keluarga serta terapi medis yang tepat.
Dibandingkan kokain dan morfin, nikotin adalah sebuah komponen yang kecanduannya (aditif) 5-10 kali lebih kuat menimbulkan efek psikoaktif pada manusia. Beban yang di timbulkan di antaranya adalah turunnya produktivitas, beban ekonomi, sosial, kesehatan dan akhirnya menyebabkan kematian; Guna mendukung perokok untuk berhenti merokok dan pada akhirnya menekan angka mortalitas yang di sebabkan oleh rokok di butuhkan solusi terapi terpadu yang intensif dengan kemudahan akses.

“Kami prihatin dengan dampak buruk yang di akibatkan bagi perokok aktif maupun pasif, Quitters Are Champions merupakan refleksi dari komitmen kami untuk memberikan solusi terpadu dan dukungan yang tepat bagi perokok yang ingin berhenti merokok, dukungan orang terdekat untuk mendaftar perokok aktif dalam program ini merupakan bagian dari kesuksesan yang di harapkan” ujar Christina limewaty, marketing manager PT Pfizer Indonesia.

Program ini terbuka untuk perokok aktif berusia 18 tahun keatas berdomisili di jabodetabek, program ini berjalan selama 3 bulan (Agustus-November 2009) di bawah pengawasan tim medis dari klinik Berhenti merokok Rumah Sakit persahabatan.

Informasi lebih lanjut dapat di akses di

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Public Blog Kompasiana» Blog Archive » Berhenti Merokok Sekarang Juga

Berhenti Merokok Sekarang Juga; Oleh RACHMAD YULIADI NASIR - 3 Juli 2009 - Dibaca 64 Kali -. Mengapa Anda harus Berhenti Merokok ...
public.kompasiana.com/.../berhenti-merokok-sekarang-juga/ - 22 jam yang lalu