Jumat, 03 Juli 2009

kompasiana 22 : Pameran Islamic Art Section

Pameran Islamic Art Section
Oleh RACHMAD YULIADI NASIR - 28 Augustus 2009 - Dibaca 98 Kali -

Salah satu kegiatan pameran Bazaar Art Jakarta , di Hotel The Ritz-Carlton Jakarta, Mall Pacific Place yaitu kehadiran Islamic Art Section.

Pameran karya seni rupa bertema Islam menampilkan karya-karya seniman senior seperti Sadali, AD Pirous juga seniman-seniman baru yang berpotensi sejak tanggal 27- 30 Agustus 2009.

Seni rupa, salah satu kekayaan dan warisan budaya bangsa, terus mendapatkan perhatian yang besar, baik dari dalam maupun luar negeri. Terbukti dengan banyaknya karya seniman indonesia yang berjaya di pameran maupun festival seni rupa internasional. Dari hari kehari semakin banyak seniman yang lahir dan mengembangkan berbagai ide kreatif dan inovatif.

Namun, sayangnya, indonesia sebagai “pabrik” seniman kurang menyediakan wadah dalam bentuk kegiatan berskala besar bagi para senimannya, untuk berapresiasi dan memamerkan karya-karyanya secara luas.

Penampilan karya-karya para seniman muslim indonesia yang mengangkat Islam sebagai pokok representasi realitas yang jamak. Dalam karya-karya yang di tampilkan nilai-nilai islam dieksplorasi sebagai isu identitas. tidak hanya meliputi pokok spiritualitas islam yang lebih sakral, tetapi nilai islam melebar pada konteks yang lebih profan, menyangkut berbagai hubungan pada persoalan tradisi, sosial dan kehidupan urban.

Bagaimana nilai-nilai islam direpresentasikan pada karya seni rupa, sehingga nilai-nilai islam tidak di pahami sebagai hal yang melulu ritualitas simbolik agama saja, akan tetapi nilai islam di pahami sebagai identitas sekaligus jalan hidup (way of life) secara kontekstual.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Public Blog Kompasiana» Blog Archive » Pameran Islamic Art Section

Pameran Islamic Art Section; Oleh RACHMAD YULIADI NASIR - 28 Augustus 2009 - Dibaca 84 Kali -. Salah satu kegiatan pameran Bazaar Art Jakarta , di Hotel The ...
public.kompasiana.com/2009/08/28/pameran-islamic-art-section/